Tag

Ketika kita jalan-jalan ke Jawa Tengah, hari terakhir dalam perjalana pulang, Kalila merasakan sesuatu yang berbeda dengan giginya. Ternyata sudah ada gigi baru yang menyembul keluar. Masalahnya, gigi susunya masih bertengger kuat ditempatnya. Akhirnya kita langsung daftar dokter gigi langganan. Kejadian itu tanggal 8 September 2013. Kita mengunjungin dokter tanggal 10 September 2013.

Jadi tanggal 10 September Gigi susu di cabut oleh dokter gigi. Dia agak takut sih ketika duduk dikursi dokter. Gigi pertama yang tanggal adalah gigi susu depan bagian bawah.

Setelah itu dia merasakan kalau gigi depan atasnya mulai bergoyang-goyang. Akhirnya dia rajin menggoyangkannya, walau sampai sekarang belum copot juga hehehe

Sekitar sebulan setelah itu, tanggal 24 Oktober 2013, ketika kita nginep di Lembang, Kalila mengeluh gusi belakangnya terasa tidak nyaman. Kalila bilang, “kayak sariawan, tapi tidak sakit. Kayaknya ada yang goyang-goyang gitu Bun.” Setelah Bunda lihat, ternyata gigi geraham belakang kiri atas sudah mulai tumbuh sehingga gusinya terbuka. Langsung Bunda teringat masa kecil dimasa yang sama. Agar lebih yakin bahwa yang dialami Kalila adalah normal, Bunda langsung googling. Alhamdulillah semua itu memang normal. Gigi geraham memang tumbuh tanpa menggantikan gigi susu yang lain.

Hari ini, 31 Oktober 2013, Gigi geraham bawah sebelah kanan mulai muncul juga. Alhamdulillah….

Dulu Bunda tidak terlalu teliti mencatat pertumbuhan gigi Kalila Kaysan ketika bayi. Semoga catatan pertumbuhan gigi tetapnya bisa tercatat rapi 😀

Yang Bunda ingat, Ketika bayi, gigi pertama Kalila tumbuh diusia satu tahun lebih beberapa hari. Dan gigi yang tumbuh pertama adalah dua diatas, disusul dua dibawah.  Kaysan tumbuh gigi diusia 8 bulan, dua gigi bawah yang tumbuh pertama.

Sungguh bersyukur Bunda dan Ayah….:)

Iklan