Catatan ini Bunda buat untuk mengingatkan Bunda tentang perjalanan parenting Bunda dan Kalila Kaysan. sebelum Agustus 2011, Bunda masih merupakan Bunda yang menganggap bahwa Kalila dan Kaysan harus mendengar kata-kata Bunda. Bunda harus memiliki kontrol terhadap Kalila dan Kaysan. Pokoknya Bunda masih merupakan tipikal Bunda yang merasa anak itu harus nurut, dsb.

Semua itu berubah ketika Bunda membaca buku, Raising Our Children, Raising Ourselves by Naomi Aldort. Disitu dibilang, kalau kita ga perlu buku parenting apapun kalau sudah bisa mengerti, memahami dan menjalankan SALVE itu. Itu Bener banget….

Bunda masih terus belajar untuk lebih bisa menjalani SALVE itu, terkadang masih emosi juga, apalagi kalau ngantuk huehehehe…

Yang menjadi catatan penting buat Bunda,

  1. Kalila dan Kaysan boleh melakukan apa saja yang mereka mau asalkan tidak membahayakan jiwa mereka.
  2. Bunda bukan penasihat Kalila Kaysan. Bunda adalah sahabat. Jadi Bunda harus selalu siap membantu dan memahami segala sikap mereka, layaknya sahabat yang selalu ada kapanpun kita butuhkan.
  3. Bunda berusaha selalu mendahulukan Kalila dan Kaysan dibandingan pekerjaan apapun selama tidak ugent.

Sekarang Ayah dan Bunda semakin tertarik dengan unschooling. Dan bersyukur banget dengan ilmu yang ada dibuku Naomi itu, kehidupan sehari-hari kita menjadi sangat menyenangkan dan penuh pembelajaran.

 

Iklan