Tag

,

Dulu…ketika awal mengenal HomeSchooling, Bunda memakai metode School at home. Kalila usia 3 tahun, Bunda kenalkan dengan Flash Card, tracing huruf, dsb. Ternyata setelah mengenal “Better Late than Early” Bunda jadi tidak mengajarkan calistung sampai nanti mereka siap.

Entah ada pengaruhnya atau tidak dengan pengajaran awal Bunda, tapi Kalila sudah bisa membaca bahasa inggris dan bahasa indonesia ketika berusia 4 tahun. Menulis sekitar 4.5 tahun-an.

Sekarang Kalila sudah lancar menulis dalam bahasa Indonesia. Beberapa hari terakhir ini, dia mulai bertanya tentang titik dan spasi. Jadi sekarang Kalila kalau menulis menggunakan titik dan spasi 🙂

Kaysan yang sama sekali tidak pernah diajarkan apa-apa. Kita hanya sering Read Aloud buku, membiarkan “membaca” buku sendiri, atau dibacakan buku lewat internet. Eh..tau-tau Kaysan bisa menulis sendiri.

Kaysan suatu hari memanggil Bunda dan mengajak Bunda melihat papan gambarnya. Dia menulis huruf H dan A. Lalu dikesempatan yang berbeda dia menulis i, dan O. Terntu saja dia menulis sambil menggambar binatang, objek favoritnya.

Makin yakin sama HomeSchooling yang kita sedang jalankan. Kalila dan Kaysan bermain sepanjang hari dan mereka belajar tanpa harus diajarkan. Karena belajar itu memang naluri alami manusia. 😉

Iklan