Tag

Setelah sukses liburan mandiri ke Shenyang, kali ini kita mau liburan ke Dandong. Dandong itu nama kota di Liaoning Province, sama kayak Dalian. Kenapa ke Dandong ? karena di Dandong ada Great Wall juga plus dia berbatasan langsung dengan Korea Utara.

Liburan kali ini kita janjian sama Tante Linda & Om Arno. Setelah cari info sana-sini dan survey ke Stasiun bus jarak jauh di Beigang Jiao, ternyata bus cepat ke Dandong ada di Sheng Li Guang Chang. Kita bisa beli tiket Dalian-Dandong sepekan sebelumnya, tapi buat beli tiket Dandong-Dalian harus dari Dandong belinya. Total harga tiket 99 yuan sekali jalan, anak-anak dengan tinggi badan 120-150 cm bayar 57.5 yuan. Kalila dan Kaysan sebenarnya masih gratis, tapi pengalaman dengan kereta di Shenyang, jadi mending beli tiket anak-anak saja, sehingga mereka dapat tempat duduk sendiri. Kita beli tiket untuk tanggal 27 Oktober pukul 07.00 pagi.

Hari Sabtu, 27 Oktober pukul 06.00 kita sudah di Lobby siap-siap mencari Taksi. Sudah lihat sih dari Prakiraan cuaca, kalau hari ini akan hujan di Dalian dan di Dandong. Jadi kita siap-siap jas hujan dan payung.

Sekitar pukul 06.15an kita sudah sampai ShengLi Guang Chang, dan bus yang pukul 06.20 (paling pagi) belum berangkat. Setelah bus paling pagi berangkat, bus kita langsung datang. Naik deh kita keatas bus. Alhamdulillah busnya nyaman. Kita dapat tempat duduk paling depan (maaf ya tante linda, anak-anak nge-booked duluan :P).

Sepanjang jalan, anak-anak tidak mau tidur. Sibuk makan atau melihat keluar. Diluar hujan turun sepanjang jalan dan angin berhembus kencang. Eh..ketika hampir keluar tol Dandong, Kaysan sukses tidur heehee…

Kita sempat berhenti ditempat peristirahatan untuk pipis. Supir busnya taat peraturan, kecepatannya tidak pernah lebih dari 100 km/jam, padahal jalanan sepiii.

Sekitar pukul 10.30 sampai Dandong. Kita langsung mencari loket untuk membeli tiket bus pulang keesokan harinya. Setelah mencari kesana kemari tidak ketemu loketnya, akhirnya bertanya deh sama Pak supir bus kita. Ternyata harus menyeberang jalan dulu. Stasiun bus berseberangan dengan stasiun kereta.

Bermodal Hanzi hasil print-an Alhamdulillah berhasil membeli tiket pulang untuk 28 oktober pukul 14.00. Harga tiketnya lebih murah 3 yuan dibanding Dalian-Dandong.

Dari situ kita check-in di Hotel. Bermodalkan print-an Hanzi lagi kita “berbicara” kepada supir taksi 😀

Ternyata hotelnya juga dekat dari Stasiun bus. Argo taksinya ga berubah, tetap 5 yuan dari naik ampe turun. Check-in selesai, kita makan siang bekal dari rumah.