Tag

,

Selain main Angry bird, Kaysan juga suka main air. Nah..beberapa hari yang lalu Kalila dan Kaysan main air dengan modifikasi. Airnya ditambah sabun dan sedotan. Sabun agar airnya berbusa dan sedotan untuk meniup-niup air sabun.

Kalila juga membuat Sculpture dari busa sabun yang dibentuk menyerupai kepala hewan.

Lalu mereka juga penasaran dengan busa sabun. Bisakah busa sabun menjadi es ketika dimasukkan dalam freezer ?

Percobaan pertama busanya mengecil dan tidak berbentuk. Percobaan Kedua sepertinya lebih berhasil. Kalila meniup busanya ketika air sabunnya sudah dalam freezer. Hasilnya ?

Kalila juga penasaran kalau mainan ikannya diletakkan dalam air dan airnya dibekukan, ikannya akan mengapung atau tenggelam.

Setelah melihat ini, dia bertanya, “Kalau ikan beneran mati ga Bun dalam es ?” Coba browse-browse dari sini dan sini. Ternyata ikan bisa bertahan pada suhu dingin, asal kolamnya dalam (lebih dari 30″). Kalau dipikir-pikir, pantesan di Kolam Labour Park ikannya bisa hidup lagi ketika musim panas. Padahal ketika musim dingin, kolamnya membeku.

Justru yang lebih bahaya bagi ikan bukan suhu dingin, tapi gas beracun yang ada dalam kolam ketika gas-gas itu tidak bisa keluar terperangkap lapisan es dipermukaan kolam. Jadi ketika musim dingin, harus ada sedikit lubang yang memungkinkan air untuk “bernafas” dan melepaskan gas-gas beracun itu. Nanti deh perhatikan lagi ketika winter. Ada lubang udara tidak dikolam Labour park 😀

Es yang membeku itu diletakkan diwatafel oleh Kalila dan diberi air panas. Dia sangat senang mengetahui bahwa esnya mencair seketika ketika diberi air panas meninggalkan lubang ditengah.

Iklan