Tag

Beberapa minggu lalu Bunda posting tentang kecebong peliharaan Kalila dan Kaysan. Saat difoto pekan lalu kakinya masih agak lurus dan kecil. Nah kecebong ini saat Bunda tulis sudah berkaki belakang yang mirip dengan katak.

Bunda baru ingat mencatat perkembangannya akhir-akhir ini. Jadi agak kira-kira juga sih mencatatnya.

Berdasarkan catatan di Blog kita mengambil kecebong itu sekitar awal Mei. Sekarang baru akhir Mei, jadi kira-kira seperti ini catatannya.

1-5 Mei 2012 Kecebong berekor panjang dan berbadan bulat diambil dari kolam.

6-12 Mei 2012 Badannya bertambah besar dan ada kaki belakangnya mulai tumbuh, kecil sekali.

13-19 Mei 2012 Kaki belakang memanjang dan makin berbentuk kaki katak. Bentuk kepala sudah tidak terlalu bulat, sudah mulai menyerupai katak.

20-26 Mei 2012 Kaki belakang sudah semakin meliuk-liuk menyerupai kaki katak dan mulai berselaput. Kaki depan sudah mulai muncul kecil sekali.

Catatan : Kecebong kita makannya hanya dari lumut yang ada dikolam mereka. Kita mengganti air sepekan sekali tanpa mencuci baknya serta meletakkan mainan dikolamnya agar ada lumut yang tumbuh.

Pernah diberi nasi tidak dimakan, diberi roti juga tidak mau. Diberi ikan mati juga ogah. Padahal ikan mati itu didapat dari kolam tempat banyak kecebong lain makan  ikan itu. Kita pikir kalau kecebong lain suka, kecebong kita juga suka.

Pernah suatu kali kita mengganti air kecebong dengan air hangat. Ternyata mereka menggelepar-gelepar hampir mati. Langsung saja diselamatkan oleh tangan kalila dan  cepat-cepat diganti airnya. ketika kecebongnya hampir mati kaysan bedoa “Aduh..kasihan…ya Allah..jangan mati dong kecebongnya”

Semoga kita bisa melihat mereka menjadi katak ya…*walau masih bingung bagaimana cara nangkepnya kalau udah jadi katak* 😀 😀

Iklan