Kalila dan Kaysan tidak bisa melihat Bunda didepan komputer. Mau cuma cek email kek, apalagi chatting dan update blog…wuihhh susah bener….Kalau Kalila langsung cari perhatian gangguin Kaysan biar Bunda main sama dia. Kalau Kaysan lihat Bunda didepan komputer langsung minta nonton Little Einstein atau colouring Angry bird atau nonton Brainpopjr (pokoknya dia harus yang didepan komputer).

Jadi lebih baik tidak ada yang didepan komputer. Komputer menyala hanya untuk Nini melihat cucu-cucunya bermain lewat Video Call. Beberapa kegiatan kita adalah

  • Bermain Bekel. Kita menggunakan bola pingpong dan kerang hasil pencarian Kalila di Xinghai Park.
  • Bermain mobil-mobilan. Kita bergantian menyetir mobil dan menjadi penumpang. Termasuk Bunda lho yang paling sering disuruh jadi penumpang ketika Kalila dan Kaysan berebutan jadi supir. Solusi dari mereka adalah mobil bersupir dua. Kalila selalu menambahkan car seat buat “anaknya” Cia. (boneka beruangnya)
  • Bermain sebut buah-buahan. Kita punya pisang, pir, dan jeruk. Kita ganti-ganti urut-urutannya dan kita sebutkan bergantian, makin lama makin cepat. Seruuu…Kaysan yang masih suka salah kalau cepat 😀
  • Kaysan itu gadget mania. Semua perangkat dia otak-atik sampai fungsi-fungsi nya semua dia tahu. Bahkan ayah, Bunda dan Kalila pun belum tahu. Yang bikin kita kagum. Ketika kita tanya bagaimana, dia bisa menjelaskan sambil ditunjukkan. Bayarannya, HP ayah rusak, kamera kehapus semua fotonya. Worthed kok Kaysan ^_^ !
  • Kemarin dia bermain jepitan baju yang difoto-foto sesuai arahan dia. Jepitannya difoto dari berbagai sisi dan berbagai posisi.
  • Bunda membeli kaca pembesar, satu untuk Kalila dan satu untuk Kaysan. Sejak itu sibuk kemana-mana membawa kaca pembesar. Kaysan berkata : tangan besar, siput besar, kakak besar, tissue besar,…” Kalila yang lebih mengerti dan lebih bisa bereksplorasi. Kita membeli kaca pembesar dalam rangka mau mengamati butir salju.
  • Bunda sempat browsing indoor winter activity dan menemukan situs ini. http://typeaparent.com/indoor-winter-activities-for-toddlers.html. Ternyata hampir semua hal yang disebutkan disana sudah kita mainkan (7 dari 10). Wow..ternyata imajinasi anak-anak Bunda tentang bermain memang sangat mengasyikkan. Tanpa perlu disuruh mereka sudah tahu “cara bermain” yang asyik.
  • Kalila membuat adonan kue dari sisa tepung yang Bunda gunakan untuk masak. Adonannya dia sendiri yang tambahkan air dan dicetak diatas “loyang”, yaitu sebuah buku.
  • Kalila membuat rumah-rumahan dari sisa-sisa buku yang belum masuk kedalam koper.
  • Kalila membuat percobaan dari tutup tabung sikat gigi bekas yang bawahnya ada lubang dan diisi air. Dia berkata “ini termometer. Kalau airnya makin lama makin sedikit berarti makin dingin. Bunda bilang “ohh kayak jam pasir dong..” Dia jadi bertanya jam pasir dan mencari tahu deh gambar jam pasir itu.

Iklan