Akhir-akhir ini setiap hari kita mendengar bunyi serangga yang kencang sekali. Bunyinya seperti berdengung dari pohon atau semk-semak. Beberapa kali kita mencoba mencari serangga itu tapi tidak pernah menemukannya. Setiap ada pohon yang terdengar suara binatang itu, kita berhenti untuk mengamati, tapi tetap tidak terlihat.

Pagi ini, seperti biasa kita membuka jendela. Ketika Bunda sedang memasak dan Kalila Kaysan bermain bersama Ayah, tiba-tiba terdengar bunyi serangga itu, tapi bunyinya sangat kencang. Ketika kita hendak menghampiri jendela untuk mencari asal suara itu, kita terkejut bukan main…..karena ternyata serangganya bertengger di kawat nyamuk jendela kita. Kita tidak berani dekat-dekat karena takut dia terbang. Sempat mengamati sedikit dan mengambil fotonya. Ketika hendak merekam suaranya..eh..terbang deh dia 😦

Ini Dia Serangganya

Ternyata serangganya besar sekali dan bisa terbang tinggi sampai lantai tujuh. Yang membuat dia bersuara sepertinya ada dibagian bawah tubuhnya (Abdomen) yang terbuka dan tertutup setiap kali dia mengeluarkan suara. Serangga apa ya namanya ?

Satu hal lagi yang bikin Bunda bersyukur adalah kalimat Kalila yang berkata “Bunda, Alhamdulillah ya..Allah tau aja kita mau lihat serangga ini, jadi sama Allah serangganya terbang kejendela kita”

Tante Linda bilang ini Cicada alias Tonggeret. Di Indonesia ga pernah tahu, jauh ke cina malah ketemu..Alhamdulillah..:)

Iklan