Rencana kemarin masak Seafood buyar sudah karena mati air. Akhirnya hari ini kita baru belanja cumi-cumi dan ikan. Ketika mau mencuci cumi, ternyata cumi kita masih setengah utuh. Jadi sebagian isi cuminya masih ada. Kita browse belum ketemu juga bagian apa yang kita temukan di dalam cumi itu, malah ketemu resep Calamary yang sepertinya akan kita praktekkan besok πŸ™‚

Ada tips membersihkan cumi dan tips memasak cumi yang telah Bunda ketahui dari Nini sejak jaman Bunda SMP. “Kalau masak cumi sebentar saja atau malah lama sekalian agar tidak menjadi keras”

Kalila sempat melihat plastik keras yang ada di badan cumi, rambut dan bajunya terciprat tinta dari cumi yang Bunda bersihkan, juga melihat “gigi” nya cumi yang keras, tentakelnya ada yang lebih panjang.

Menurut Wikipedia yang kita temukan paling lengkap sementara ini. Kita juga jadi tahu, kalau ternyata telur cumi-cumi itu ada diluar badan cumi-cumi betinanya, kayak Nemo. Tapi sepertinya fertilisasinya didalam tubuh betina, kalau kebanyakan ikan kan diluar tubuh betinanya ?

Kalila juga bertanya, apa sih bedanya octopus sama squid ? ada disini, tapi belum dibahas..ngantuk πŸ˜›

Ketika membersihkan ikan, kita melihat sisik, mata, sirip, usus, dan insangnya. Kaysan bertanya “poop, mana ?” maksudnya ikan poopnya dari mana ? Kita cari deh dibagian belakang ada lubang kecilnya..Kaysan malah bilang “woow..gede..” πŸ˜€

Seru deh bersih-bersih Seafood hari ini

Iklan