Siapa yang suka Ice Cream ? Pasti Kalila dan Kaysan langsung jawab Iya dengan semangat. Nah, daripada beli terus, mendingan kita cari cara bikinnya. You Tube masih menjadi andalannya. Mencari dengan Keyword “Home Made Ice Cream”. Ternyata ada banyak caranya. Kita pilih yang paling mudah.

Bahannya : 200 ml susu cair, kita pakai UHT Plain
Gula secukupnya, kita 2 sendok makan
Buah-buahan yang diblender (bila mau jadi berasa buah)
Vanilla extract 2 tetes (bila suka)
Botol minum kecil, kita pake Lock n Lock yang kecil
Kaleng besar, kita pakai Kaleng bekas susu yang 900gr (Kalengnya harus muat dimasukin botol minum kecil dan es batu)
Es Batu yang banyak, kita bikin es batu dari air satu panci ukuran sedang
Garam 4-5 blok

Caranya : Susu, gula, buah dan vanilla extract dimasukkan dalamn botol minum kecil lalu tutup dengan rapat. Lalu botol minum kecil yang telah ditutup rapat dimasukkan dalam kaleng besar dan diisi dengan es batu sampai penuh. Lalu terakhir beri taburan garam. Tutup kalengnya dengan rapat dan guncang-guncang selama 15 menit.

Pertama kita tidak pakai sarung tangan dan kalengnya tidak dilapisi apapun. Setelah 15 menit ternyata belum sepenuhnya berubah jadi es. Akhirnya coba lagi dengan kaleng dilapisi kain agar kita dapat memegang kaleng dan mengguncangnya dengan benar.

Jadi deh Es buatan sendiri. Dan ternyata kata Nini “Itu mah es goyang dari jaman Nini SD dulu” 😀 😀

Kalila bertanya, kenapa dikasih garam esnya ? Itu karena garam membuat es lebih lama mencair. Kita buktikan dengan dua buah es batu. Yang pertama diberi garam dan yang kedua tidak. Ternyata memang lebih mudah meleleh yang tidak diberi garam. Kenapa begitu ? belum ditanya tuh dan Bunda belum nyari juga kenapa jawabannya ^_^

Iklan