Judulnya nyontek dari bukunya Mba Gita Lovusa, Mba Dian Mardi, dkk ^_^

Ide kegiatannya juga nyontek dari Buku Happy Ramadhan with Kids.

Pertama kita buat Kalender. Bunda yang buat kotak-kotak dan menulis angkanya. Kalila bagian mewarnai kotak-kotak yang tersisa dan nantinya dia yang akan mencoret setiap habis buka puasa.

Plus Bunda siapkan 2 hadiah kecil setiap hari sehabis buka puasa. Tapi hadiah nya Bunda letakkan disuatu tempat yang petunjuknya Bunda tulis pada secarik kertas. Sekalian memperlancar kemampuan membacanya Kalila. Hadiahnya buat Kalila dan Kaysan.

Hadiahnya sederhana saja, Bunda cari di pasar modern. Seperti jepit rambut warna warni, bubble, sricker, stempel, puzzle block, dsb. Semua harganya berkisar 2,000-10,000.

Puasanya sendiri dijalani Kalila dengan santai saja..hahaha. Sahur terkadang ikut terkadang tidak. Kalau tidak sahur dia akan sarapan jam 07.00 dan tidak makan lagi sampai sore. Dengan catatan tidak melihat kaysan makan siang. Kalau lihat Adik makan siang, dia akan tergoda untuk makan. Jadi sebisa mungkin sebelum Adik makan, dia Bunda tidurkan.

Ketika Balet, dia menolak untuk minum waktu istirahat dengan alasan puasa. Padahal sampai rumah, dia minum karena haus banget katanya. Ada-ada saja. Bunda bilang, bagus, berarti Kalila menghargai orang yang puasa dengan tidak makan dan minum diluar rumah.

Paling semangat jika tarawih sama Ayah di Masjid. Bunda tidak ikut karena Adik Kaysan belum bisa sampai malam di masjid. Pergi ke Masjid naik motor dan ingin pakai Helm. Ketika ayah tidak pakai helm dengan alasan dekat, Kalila berkata dengan bijak “Jauh dekat harus pakai Helm ayah” ^_^

Iklan