Sabtu, 15 Agustus 2009

Tanggal 14 Agustus bapak simulator di Singapura, sekalian aja deh..kita ikut jalan-jalan kesana. Mumpung ada sponsor ^_*

Kita berangkat tanggal 15 karena ayah ga bisa cuti tanggal 14nya.

!5 Agustus kita berangkat naik Air Asia take off jam 11.30. Qt berangkat dari rumah jam 08.30 …tapi ….ternyata masih belum cukup untuk nyiapin semua sebelum boarding, apalagi dengan 2 anak yang heboh banget

Check in nya ngantri n Kalila heboh mau duduk di Trolley koper. Ga boleh donk…tapi akhirnya duduk juga setelah trolleynya berhenti waktu kita ngantri Check in.

Udah Check in, ngisi dokumen imigrasi kan…waduh…ribut banget karena adik kalo liat pulpen maunya pasti nulis. Bunda Cuma ada satu pulpen, akhirnya sama ayah dibawa jalan-jalan..eh..kakak mau liat-liat passport, entah gimana..boarding pass Bunda hilang. Minta lagi deh dengan warning dari Mba nya, “jangan ilang lagi ya…;-)”

Udah selesai ngisi dokumen n ngurus bebas fiskal, ngantri donk kita di imigrasi. Tau-tau pas petugasnya nanya, Kalila mana ? Oh..oh…dia udah ngantri bareng jemaah umroh yang pake seragam. Ampyun…..

Itu udah boarding time..setengah berlari deh kita ke Gate nya.

Alhamdulillah…sampe juga pas pada waktunya ^_^

Di pesawat Kalila duduk dipinggir jendela. Bunda pikir biar dia bisa liat awan, trus pemandangan dibawah kalo mau take-off dan landing. Ternyata malah dia marah-marah ga bisa liat apa-apa berhubung badannya kan masih semampai dan seat-belt harus selalu dipakai

Baru take-off udah ribut minta makan roti dan wafer. Upppsss..kan malem sebelumnya kita beli snack buat di pesawat. Adik Alhamdulillah ga rewel, sibuk sama buku Little Red Hen nya.

Tengah-tengah perjalanan, Kakak sempet bobo sebentar. Adik bobo dari tengah jalan sampe nyampe Singapura.

Kalila dengan hebohnya muter-muter di Changi yang berkarpet dan sukes jatuh. Karena ga ada yang liat (ga malu jadinya), ga nangis deh.

Pas udah didepan petugas imigrasi, Kalila mau pipis….
« Bisa tahan ga Kak ? »
« No….I want to pee now… » jawab Kalila.

Alhamdulillah petugasnya cepet..jadi kita bisa duluan.

Ohya, Kalila amaze banget sama toilet yang bisa flush sendiri. She says “Wooww..It can flush by itself”

Trus pas naik taksi ke hotel, taksinya kan warna kuning, Kalila keukeuh mau naik Blue Bird aja.

We’re in Singapore, there’s no Blue Bird in Singapore. Dan mulailah pertanyaan ga berujung dari Kalila ^_^

Sampe hotel ketemu Nini n Aunty plus Uncle, langsung sholat dulu n cari makan….Alhamdulillah..hampir semua makanan ada sertifikat halal nya dari MUIS (MUI Singapore). Dan ada brosur di airport, judulnya Petunjuk Bagi Wisatawan Muslim. Disitu ada daftar restoran halal.

Dari food court di Takahimaya ayah, bunda, adik dan kakak langsung balik ke hotel buat bobo. Karena semua capek, akhirnya abis mandi langsung terlelap. Jam 06.00 WIB udah bobo. Aunty, Uncle n Nini masih keluyuran di mall

Ahad, 16 Agustus 2009

Karena tidurnya pada sore, jadi bangunnya pagi bener….jam 04.00 WIB dah pada berkoar-koar. Habis mandi dan sarapan kita jalan ke Sentosa Island.

Naik MRT dari Somerset ke HarbourFront. Kalila n Kaysan masih dianggap anak kecil, jadi ga usah bayar kata petugasnya ^_*

Trus naik monorail ke Imbiah station. Singapore lagi ngebangun taman main macam Dufan gitu…Ada roller coaster yang tinggi dan panjang banget. Kyaknya seru tuh kalo udah jadi.

Pertama kita foto-foto di Merlion. Tujuan kita di Sentosa Cuma Underwater world dan Dolphin Lagoon.

Jadilah kita beli tiket di Underwater world. Ternyata Dolhpin shownya jam 13.00 berhubung waktu beli tiket udah jam 12.00, jadi langsung deh naik RedLine Bus ke Dolphin Lagoon.

Ohya…sebelum beli tiket kita makan eskrim dulu. Kalo di Jakarta, beli Ben n Jerry kyaknya mahal banget, mumpung di Singapore..makan aja dulu, jangan diitung ^_*

Sampe Dolphin Lagoon, Kalila liat Palawan beach. Langsung deh minta main pasir. Akhirnya main pasir 15 menit dan dia sempet bikin “shark”.

Dolphin shownya udah mau mulai, makanya cepet-cepet masuk dan Alhamdulillah dapet duduk didepan. Kalila daftar buat foto sama Dolphin.

Waktu Kalila foto sama Dolphin, Bunda seneng dan bangga banget, karena Kalila berani sendiri dan mengerti briefing dari Instructornya.

Sebenernya tadinya Bunda biasa aja, tapi begitu ada beberapa anak yang udah deket dolphin nangis atau ga ngerti apa kata instructornya, baru Bunda ngeh…wah ternyata Kalila hebat…..(hahahaha…maklum Bundanya yang bilang)

Kalila bilang Bunda “I don’t splash, I don’t touch the head, and stand not to close with the dolphin”

Itu yang sebenernya dikasih tau waktu briefing. Alhamdulillah…Kalila ngerti bahasa Inggris yang diomongin bukan dari Bunda. (takutnya Cuma ngerti Inggris kalo Bunda yang ngomong, hihihi)

Selesaidsi dari Dolphin Lagoon, Kalila mau main di pantai, akhirnya Ayah nyuapin adik, Kalila main pasir dan main air dipantai.

Selesai main-main kita pergi ke Jembatan gantung dan senengnya Kalila karena bisa nyebrangin ‘lautan ‘ melalui jembatan.

Dari sana kita ke UnderWater world dan Kalila masih semangat, walaupun udah sedikit rewel karena ngantuk. Baru mau masuk, eh Kalila mau pipis, Bunda lupa ngajak pipis nih…Akhirnya karena nyari toiletnya jauh…ngompol deh di celana.

Udah ganti baju, langsung masuk UnderWater World. Kalila dan Kaysan seneng banget ngeliat ikan yang banyak dan warna-warni.

Semua binatang laut yang ada di Buku “Under the Sea” nya Kalila ada disana. Mau nyentuh bintang laut, tapi ternyata ga sampe tangannya Kalila.

Mau pulang, naik MRT biar irit, tapi ternyata, Semua bobo di gendongan. Kalila sama Bunda, Kaysan sama Ayah. Ya sudahlah…naik taksi deh…

Senin, 17 Agustus 2009

Nini, Aunty n Uncle pulang hari ini, jadi pagi-pagi kita udah ada dikamarnya. Abis dadah-dadah trus mandi deh…Hari ini rencananya mau jalan santai aja. Kasian anak-anak pada capek. Jadi abis mandi Kalila n Kaysan sempet bobo dulu sampe jam 11.00 WIB.

Abis bobo kita jalan aja cari makan siang n nelp Mba Hana buat main kerumahnya. Alhamdulillah bisa, jadi abis makan di Magic Wok trus kita kerumah Mba Hana di daerah Punggol.

Sebelum makan kita tuker baju Nini dulu di Far East Plaza

Seru juga coz abis turun MRT Punggol kita naik LRT (monorail) dan turun pas didepan gedung flat nya.

Kalila enjoy her time playing with Nadia. Anak pertama Mba Hana n Mas Yudi. Kaysan seumuran sama Karina, anak keduanya.
Temennya Nadia berasal dari macam-macam ras. Lucu ngeliat mereka main dan berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan berbagai dialek. Ada anak India, China, Philipine dan Nadia sendiri dari Indonesia, tapi bahasa Inggrisnya ‘Singlish’ banget ^_^

Kita disana sampe malam. Kalila n Kaysan sempet mandi n makan malem disana. Pulangnya dah teler semua di Taxi.

Selasa, 18 Agustus 2009

Agenda hari ini adalah ke Zoo…
Yipppiiieeee

Bangun pagi Jam 07.00 WIB dan jalan sarapan di Long John Silver dan naik MRT ke Ang Mo Kio. Turun MRT, ada Mba yang nanyain « R U going to the Zoo ? »
Pas kita bilang iya, dia nunjukkin jalannya untuk kesana. “Baik banget ya” kata ayah. Ternyata……mereka itu travel agent dan emang udah nyiapin orang buat jaga didepan pintu biar cegat orang yang mau ke Zoo dan beli tiket melalui mereka. Pokoknya ga asyik deh, coz kita ternyata dikasih tiket yang udah lama, walau emang belum expired. Harganya belum sempet dibandingin deh. Total kita kena 57.5 buat 2 adult n 1 child untuk zoo adm plus tram. Kita bayar extra boat 15.

Alhamdulillah Kalila n Kaysan seneng liat binatang-binatang disana. Kita sempet megang kulit ular phyton yang udah ga dipake, trus megang kulit lizard, dan telurnya buaya.

Banyak pengetahuan yang bisa diambil
, tapi ga bawa notes, jadi agak lupa-lupa gitu deh, sebagian ilmu yang bisa diinget  :

1. Telur buaya bisa jadi male or female ditentukan oleh suhu waktu telurnya dierami. Kalo terlalu panas or terlalu dingin, jadinya female. Kalo sedang suhunya, jadinya male.
2. Kalo gajah melahirkan, ketubannya akan pecah setelah bayinya lahir. Jika melahirkannya dihutan akan ada gajah betina yang berpengalaman yang bertindak sebagai bidan untuk mecahin ketubannya itu.
3. Kuda Nil itu ga bisa berenang karena mereka terlalu berat, jadi mereka jalan aja di air
4. Nile hippo 10 kali lebih berat daripada Pygmy hippo, beratnya bisa sampe 4000kg
5. Polar Bear itu sebernya kulitnya hitam, bulunya aja yang putih. Mereka beruang terbesar dibanding jenis beruang lainnya.
6. Buaya itu tidak memiliki air mata. Jadi ungkapan air mata buaya hanyalah mitos belaka.
7. Kangguru sekali lompat bisa sampai 13 meter dan bayi kangguru dari lahir sampe 3 bulan selalu menyusu ke induknya dan tidak pernah lepas.
8. 1 ekor burung kasuari bisa ditukar dengan 8 ekor babi atau 1 orang wanita. Tapi lupa dinegara mana 

itu dulu deh ingetnya, nanti kalo inget ditambahin lagi

Waktu baru masuk, ada kumpulan parrot dan kita bisa foto disitu. Tapi Kalila takut, jadi kita fotonya pas pulang dimana Kalila n Kaysan udah bobo, hehehe…

Perjalanan pertama liat otter trus naik kapal ke dermaga 2, sampe sana Kalila langsung liat Kidzworld, dimana ada water park nya gitu. Alhasil ga jadi mau liat gajah dan kawan-kawan karena dia lebih milih main air.

Setelah setengah jam-an disana, baru deh bujuk membujuk dimulai, akhirnya mau juga liat yang lain.

Diteruskan liat buaya, kuda nil, orang utan, chimpanzee, porcupine, babirusa, kangguru, kasuari, trus naik kapal lagi buat nyari favoritnya Kalila, Gajah…..

Akhirnya setelah kita liat gajah, baru deh naik Tram buat ngelilingin kebun binatang dan ngeliat binatang Africa yang belum sempet diliat karena Kalila n Kaysan udah pada capek.

Di Tram Kalila n Kaysan sukes bobo, untung sempet liat Jerapah, Singa dan Zebra. Pulanglah kita. Sampe hotel Kalila masih bobo, Kaysan langsung minta makan ^_^

Oya, kyaknya di taksi kita dibawa muter-muter deh, soalnya kita sempet liat rute MRT dan hafal sama nama jalan dari orchard ke zoo. Ongkosnya juga mahal

Sorenya kita ke Esplanade, Merlion, dan naik Singapore Flyer. Jalannya jauh juga lho. Kita turun di City Hall dan jalan kira-kira 2 kilometer-an deh…Fuih….^_^

Foto-foto di Esplanade, tapi lampunya ga dinyalain semua, jadinya ga bagus. Jadi inget 4 taun lalu, ayah dan bunda foto ditempat yang sama dan belum ada Kalila n Kaysan, sekarang balik lagi udah ada 2 anak. Alhamdulillah…..

Singapore Flyer keren banget…sayang Kalila takut n kita ga bawa tripod, jadinya fotonya ga ada yang OK 
Sampe hotel Kalila n Kaysan sempet main-main dulu baru bobo dengan tenang….siap-siap pulang besok……..

Rabu, 19 Agustus 2009

Bangun pagi…sarapan trus Adik Kaysan malah bobo lagi..Kecapekan dia tadi malem jalan-jalan.

Kaysan n Ayah bobo, Bunda n Kalila jalan-jalan ke Orchard. Beli beberapa buku buat Kalila n Kaysan. Bukunya lebih murah, karena Bunda pernah beli di ITC BSD harganya 60,000. disini cuma 4.9 dollar atau sekitar 35 ribu. Lebih murah kan ? Jadi beli deh semua judul yang ada 

Sampe hotel kita makan siang, adik masih belum bangun lho….

Selesai maem kita langsung ke Changi, di Terminal 1. Sampe sana, antri banget deh mau check in nya.

Lolos dari imigrasi, Kalila main di Playground nya “Olympic youth”. Lumayan lah 15 menit-an. Trus langsung ke ruang tunggu. Kaysan jalan terus di Airport, ga mau digendong.

Ada sedikit kendala waktu kita mau keruang tunggu. Bunda lupa kalo ga boleh bawa balon ke pesawat. Jadi pas mau keruang tunggu, Bunda disuruh ngebujuk Kalila biar balonnya ga usah dibawa. Dengan penjelasan dan sedikit bujuk rayu, mau deh Kalila nyerahin tuh balon. Pas mau duduk, Bunda sms Bapak n nyeritain kejadian itu. Bapak bilang kempesin aja. Jadi deh demi Kalila Bunda balik lagi ke petugas nya dan minta dikempesin balon. Alhamdulillah boleh.

Yang bikin Bunda terkagum-kagum adalah. Bunda disuruh ngambil sendiri di “Tong sampah” nya karena kalo ketahuan di CCTV petugas airportnya ngambil barang yang di “Tong sampah” itu, mereka bisa kena sanksi. Segitunya ya??? Kalo di Indonesia gimana ya ?

Sampe Jakarta, heboh ngambil bagasi…karena custom clearance nya Cuma buka 1, jadilah ngantri panjang…Heran ya…kalo di Singapore, orang-orang itu bisa disiplin dengan antri, tapi begitu di Indonesia, balik lagi ke kebiasaan buruknya. Nyelak…

Iklan