Sebenernya pertanyaan ini udah ada dari jaman Kalila kecil, tapi tertutup oleh kemampuan Kalila yang cepat dan (menurut Bunda) diatas rata-rata.

Ketika hal yang sama terjadi pada Kaysan, Bunda mulai panik lagi. Ditambah kemampuan Kaysan yang tidak secepat Kalila. Setiap anak memang berbeda, tapi perlu sedikit kewaspadaan juga jika perkembangannya agak berbeda.

DSA yang menjadi langganan Bunda menganggap kenaikan BB 2K yang kurang tidak terlalu menjadi masalah “Normal, tapi kurang ideal” begitu menurut beliau.

Tapi (namanya juga Bunda) pengen yang terbaik buat anaknya donk…
Jadi deh Kalila n Kaysan bunda bawa ke spesialis Gastro anak di RSIB (ref dari googling di internet)

Menurut beliau yang membuat BB anak kurang adalah faktor asupan yang kurang, output yang berlebihan (muntah dan BAB yang berlebihan), atau ada masalah dalam tubuhnya.

Karena 2K asupannya cukup dan output tidak berlebihan, maka ada kemungkinan ada masalah dalam tubuhnya. Walaupun tidak menutup kemungkinan faktor keturunan. Karena ayah dan bunda waktu kecil makan banyak, dan tidak bisa gemuk. (I wish it happens now)

Masalah dalam tubuh juga banyak, bisa dari pencernaan, bisa juga struktrur tulang yang tidak normal, dll (lupa nyatet pas dokternya ngomong)

Kaysan treatment pertamanya adalah Mantoux Test, untuk mengetahui ada tidaknya penyakit paru. Alhamdulillah hasilnya negatif. Dicoba dulu dikasih zat besi selama 3 minggu dan dicek lagi.

Kalila karena sudah lebih besar, kemungkinannya lebih banyak, jadi treatment pertamanya adalah zat besi dan dikasih enzim dalam bentuk puyer. Jika dalam waktu 3 minggu BB nya naik secara signifikan, berarti memang ada sesuatu yang salah dalam pencernaannya.

InsyaAllah 3 minggu lagi lebih baik ya anak-anakku…
Semoga jika memang ada penyakit yang diderita 2K, dapat segera diketahui dan diobati.
Jika tidak..ya berarti memang keturunan kali yeeee ^_*

Tunggu 3 minggu lagi deh…

Iklan